Minggu, 25 November 2012

Trick mancing ikan Mujahir/Nila


Banyak sekali trick atau cara memancing ikan Mujair/Nila, disini saya akan membagikan sedikit ilmu saya tentang trik jitu utk memancing ikan Mujair/Nila.
Ikan Mujair/Nila, merupakan ikan yang sangat mudah untuk dipancing, kapanpun dan dimanapun, ikan mujair/nila berada, kemungkinan utk memancingnya sangat besar, ini dikarenakan ikan mujair/nila merupakan ikan pemakan segala yang tergolong RAKUS, istilahnya, meski perut kenyang, asal ada yang bisa dimakan, pasti dimakan, itu sebabnya ikan ini termasuk yang paling cepat pertumbuhannya, serta mudah utk dibudidayakan, sehingga nilai ekonomisnya tergolong rendah bila dibandingkan dengan ikan lain seperti Gurame/Ikan Mas.
Lansung saja kita ke tema semula, yaitu cara/trik mancing ikan mujair, disini saya akan memberikan sedikit cara/trik sederhana agar kita mudah mendapatkan ikan buruan kita, yaitu MUJAHIR/NILA.
Berikut adalah hal yang harus diperhatikan sebelum kita memancing ikan Mujahir/Nila :

Pertama, Umpan
Ikan mujahir sesungguhnya lebih menyukai tumbuh-tumbuhan, seperti daun talas, daun singkong, rumput dll termasuk LUMUT, meski sesungguhnya juga termasuk ikan pemakan segala/Omnivora seperti kita hehehe... 
tapi karna kita akan memancingnya di alam liar seperti danau, sungai, dam/bendungan, maka akan sangat lebih baik jika kita menggunakan umpan LUMUT, karna lumut merupakan makanan ter FAVORIT bagi si Mujahir, Lumut yang dimaksud adalah LUMUT berwana hijau dengan bentuk seperti gumpalan rambut, lumut seperti  itu bisa kita dapatkan dengan mudah, karena biasanya lumut tumbuh pada genangan air yang  cukup lama tak tersentuh manusia, seperti genangan bekas kolam ikan yang tak terpakai, sawah yang baru ditanami padi/yang masih terdapat airnya.
kadang kita dibuat pusing karna kadang lumut yang kita temui berbentuk kasar/kaku, atau malah sangat lembut, disini perlu diketahui bahwa jenis lumut tersebut juga mempengaruhi hasil dari ikan yang kita pancing, karna biasanya ikan besar lebih menyukai lumut kasar/Kaku, sedang ikan kecil lebih menyukai lumut halus, perlu kita ketahui juga, bahwa cara memasang lumut kasar lebih susah dibandingkan dengan lumut halus, tapi jangan kuatir, disini saya juga akan memberikan tips agar lumut terpasang dengan sempurna di mata kail.

Kedua, Ukuran dan Rangkaian mata pancing
Ukuran dan Rangkaian mata pancing juga sangat menentukan seberapa besarnya kita berhasil dalam memancing ikan mujair, maka dari itu, meski ikan mujahir tergolong ikan yang mudah dipancing, tapi pemahaman akan ukuran pancing dan rangkaiannya akan sangat menentukan seberapa besar peluang kita memperoleh ikan buruan.
Pertama yang perlu kita ketahui dalam menentukan ukuran pancing/kail, yaitu kita harus benar benar mengetahui benar lokasi mancing kita, ukuran ikan yang biasanya diperoleh baik itu dari info pemancing lain, atau dari hasil yang kita peroleh sebelumya.
Setelah kita paham ukuran ikan yang akan kita pancing, maka saat nya kita menentukan ukuran pancing/kail kita, logikanya, bila ikan yang kita pancing kecil, maka pancing/kail kita juga harus kecil, begitu sebaliknya, tapi semua juga tergantung bagaimana cara kita merangkai pancing kita, karna meski ukuran kail kita benar, kalau rangkaian pancing kita salah, kemungkinan ikan utk hook up juga sangat kecil.
Pada dasarnya, seperti yang saya lakukan saat memancing mujahir/nila, ukuran pancing kecil akan lebih mudah untuk memperoleh semua jenis ukuran ikan, karena secara logika, ikan akan lebih mudah menelan Umpan beserta pancing/Kailnya dikarenakan ukuran pancing/kail yang kecil dan tertutup oleh lumut/Umpan.
Berikut saya berikan gambar rangkaian pancing utk memancing ikan Mujahir/Nila


    21 komentar:

    1. susahnya, di kalbar yang banyak ikan gabus
      maklum di pedalaman :D
      iklan lele juga banyak.. tapi biasanya kalau beruntung
      dapat kura-kura.

      BalasHapus
    2. wahhh, makasih banget tips memancingnya ,hihi
      baru tau kalo mujair suka lumut di banding cacing :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. benar ibu.....setau saya nila/mujair suka nya cacing....

        Hapus
      2. Oooooohh,... Gitu toh....??
        Ukuran senar ngaruh GA boss

        Hapus
    3. saya sering mancing nila dengan lumut dicampur garam.

      BalasHapus
    4. Mana rangkaian mata pancingnya bro

      BalasHapus
    5. haduh susuah nayari lumut???...dulu di dam/bendungan banyak

      BalasHapus
    6. tips pake sosim/sawi, yg berwarna hijau tua. lalu d kukys stgah mateng. di jamin... mantap... udah di uji coba hasil y. memuaskan

      BalasHapus
    7. Bang jhaya tu sawi/sosim yg dipke daunnya aj ap batangnya jg doyan tu ikan..yakin manjur ga tu bang

      BalasHapus
    8. di tempat ane (Danau Siombun, Kec. Panyabungan, Kab. Mandailing Natal,
      Prop. Sumatera Utara
      ikan nila segede papan tapi susah banget di pancing
      lumut juga kagak doyan, dah semua umpan ane coba, cuman duit aja yg belum pernah ane pake umpan

      BalasHapus
      Balasan
      1. pake duit langsung dapet per kilo ........hehehe

        Hapus
    9. bos masih susah di pancing pake lumut gak mau makan .posisi pancing dasar pa tengah
      trimakasih (suwun)

      BalasHapus
    10. kalau umpan buat nila yang lagi beranak apa bos,,,,soalnya kalo pake lumut juga susah

      BalasHapus